Sabtu, 04 Mei 2013

Kekurangan Air, 450 Ha Sawah Tak Tergarap

(Berita Daerah - Sumatera) Kekurangan air membuat petani di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) tidak dapat maksimal dalam menggarap sawah mereka. Di Kecamatan Kedurang, dari 750 hektare lebih lahan sawah yang tersedia, sekitar 450 hektare sawah yang tidak tergarap.

Hamparan sawah yang berada di Desa Muara Tiga, Pajar Bulan, Durian Sebatang, Karang Caya, Lawang Agung, Betungan, dan Sukarami itu cukup lama tidak digarap karena kekeringan.

Anggota DPRD Bengkulu Selatan Minadi, SH mengatakan, hamparan sawah di delapan desa tersebut saat ini sudah tidak dikelola oleh petani, pasalnya debit air yang mengaliri kawasan tersebut kecil, ditambah fasilitas irigasi yang tidak memadai.

"Ada proyek multi-years pembangunan irigasi, namun sudah tiga tahun ini belum jadi-jadi malah baru sepajang 1 kilometer," ujar Minadi, belum lama ini.

Akibat krisis air yang lama melanda kawasan itu, warga mulai melakukan alih fungsi lahan dengan menanam kelapa sawit. "Jika semua lahan sawah ditanami kelapa sawit, nanti Bengkulu Selatan akan sangat bergantung dengan pasokan beras dari daerah luar," ujarnya.
(sn/EA/bd-infopublik.org)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hostgator Discount Code