Sabtu, 04 Mei 2013

Petani Diimbau Pakai Pupuk Organik

KOTA MANNA, BE – Kepala Dinas Pertanian BS, Ir H Syaiful Usdi mengajak para petani di BS ini untuk selalu menggunakan pupuk organik atau pupuk kompos untuk menyuburkan tanaman mereka.
Pasalnya tahun 2013 ini pasokan pupuk urea untuk Kabupaten BS jumlahnya menurun. Untuk mengatasi kekurangan pupuk an organik itu,  Usdi menghaarapkan para petani khususnya petani sawah beralih ke pupuk pupuk organik.

Tahun 2012 lalu jumlah pasokan pupuk urea sebanyak 3550 ton namun tahun 2013 ini jumlah pasokan atau jatah untuk Kabupaten BS hanya sebanyak 3.400 ton. Dipastikan tahun ini para  petani akan kekurangan pupuk jika hanya mengandalkan pupuk urea.
Usdi menambahkan, dengan dikuranginya pupuk urea, maka tahun ini pasokan pupuk organik ditambah menjadi 565 ton. Jumlahnya meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 400 ton.

Hanya saja pupuk organik yang dipasok tahun 2012 lalu itu tidak ada yang menggunakannya. Sehingga saat ini masih tersimpan di gudang. Menurutnya, berkurangnya pasokan  pupuk ureas dari pemerintah pusat ini untuk mengarahkan agar para petani ke pupuk organik atau alami.
”Untuk penggunaan pupuk organik, para petani masih enggan karena takut hasil sawah berkurang, padahal dengan pupuk organik sawahnya akan semakin bagus dan hasil panennya akan lebih baik,” ujar Usdi.(369)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hostgator Discount Code